Rabu, 27 Juni 2012

Aturan Menjadi Karyawan Baru


Sebagai orang baru, ikuti saja aturan yang ada di kantor baru Anda


SUARAPOS.blogspot.com - Saat pindah kerja ke tempat yang baru, otomatis Anda harus menyesuaikan diri kembali dengan kantor dan teman-teman yang baru. Pastinya, Anda mengalami jantung berdebar dan tak karuan saat bertemu dengan banyak muka baru.
Ditambah lagi masih harus tampil pede dan lihai menyesuaikan diri sebagai karyawan baru. Nah, cara berikut ini bisa membantu Anda untuk meminimalisasi rasa canggung sebagai orang baru di kantor.

1. Ikuti peraturan dan kebiasaan yang ada
Hal ini merupakan satu cara klasik, namun yang paling mudah dilakukan agar Anda bisa berbaur dalam lingkungan di kantor baru. Ikuti saja kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan rekan-rekan kerja Anda. Misalnya, kalau memang rekan Anda biasa membuat kopi atau teh sebelum jam kerja dimulai, ikuti saja kebiasaan itu agar Anda bisa "masuk" ke dalam gaya pergaulan mereka.

2. Bekerjalah dengan sungguh-sungguh
Hari awal bekerja bukanlah waktu yang tepat untuk bergosip walaupun dengan alasan untuk menjalin persahabatan. Hindari juga datang terlambat, atau membaca majalah sambil bekerja. Ingatlah bahwa kesan pertama menentukan segalanya. Bekerjalah sesuai dengan lingkup pekerjaan dan tanggung jawab Anda, dan selesaikan dengan sebaik-baiknya. Percayalah yang mengawasi bukan hanya atasan Anda, tapi juga seluruh karyawan lama.

3. Sesuaikan penampilan dengan keadaan sekitar
Cara ini juga bisa membantu Anda untuk lebih "tune in" dengan pergaulan teman-teman di kantor. Jika biasanya Anda selalu bekerja dengan menggunakan pakaian yang rapi, dan ternyata di kantor baru rekan Anda hanya mengenakan celana panjang dan kemeja atau t-shirt, segeralah menyesuaikan diri agar Anda tak jadi pusat perhatian karena dianggap aneh.

4. Jalin pertemanan
Sebagai orang baru, cobalah untuk menjalin pertemanan dengan siapa saja. Namun, perhatikan sopan santun dan bersikaplah ramah. Beri isyarat kepada mereka bahwa Anda memang ingin menjalin hubungan pertemanan dengan. Selain itu, hanya karena Anda melihat ada beberapa geng di kantor tersebut, tidak berarti Anda lantas harus memihak atau bergaul pada kelompok tertentu saja.
Sumber: Buku Etiket Sukses Membawa Diri di Segala Kesempatan (Mien R.Uno), Gramedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar